Senin ,01 September 2014
Balai Melayu Hotel

Artikel

Agar Si Kecil Gemar Membaca Buku

27 Juli 2010 13:56:46

Dengan kegiatan membaca bersama dengan anak merupakan kegiatan yang sangat penting untuk pembentukan dasar diri si kecil serta untuk keseluruhan proses belajar si anak nantinya. Sebaiknya membaca buku baru diajarkan ketika si anak masuk usia sekolah, tetapi kita dapat mulai mengajak anak untuk mencintai buku sejak dini melalui berbagai cara. Bagaimana caranya, berikut ini tips agar anak cinta buku:

Meminta si anak untuk “membaca” cerita Cobalah untuk meminta si anak memilihkan buku cerita yang disukainya, kemudian biarkan dia ‘membacakan’ isinya untuk Anda. Biarlah dia bercerita sesuai apa yang ingin diceritakannya. Jangan melontarkan kritikan, misalnya kita membetulkan ceritanya yang berbeda dengan apa yang ada di buku tersebut. Kritikan kita tersebut dapat mematikan semangatnya untuk merangkai sebuah cerita menurut versinya sendiri.


Bermain tebak-tebakan cerita Ketika kita membacakan sebuah cerita pada anak, berhentilah pada satu titik tertentu dimana cerita itu akan mengarah ke satu arah, kemudian tanyakan apa yang terjadi dengan tokoh utamanya pada anak. Dan biasakan si kecil untuk mengarang kelanjutan ceritanya sendiri dengan tebakan-tebakannya. Dengan cara ini dia akan terbiasa untuk mengarang sebuah cerita sendiri.


Membacakan cerita secara berkala Sediakan waktu secara tertentu untuk membacakan cerita yang menarik untuk anak. Misalnya, sebelum tidur atau diwaktu santai. Carilah cerita yang menyenangkan dan bacakan dengan cara yang menarik. Jika memungkin buatlah alat peraga yang sederhana untuk menunjang cerita tersebut, seperti mainannya.

  1. Memberi buku-buku cerita yang menarik Berikan dan pilihlah buku-buku buat anak yang menarik baginya seperti buku dengan banyak gambar dan sedikit tulisan, serta warna-warna yang menarik, hal ini akan lebih menarik bagi balita. Juga pilihlah buku yang terbuat dari kertas karton tebal tahan air bagi bayi maupun anak batita, agar tidak mudah rusak jika dibuka-buka maupun dimainkannya.
  2. Dengan mengajak bermain huruf dan angka Ajaklah si kecil untuk bermain huruf dan angka, seperti meminta dia untuk mencari dua kartu dengan angka atau huruf yang sama bentuknya. Atau pasanglah kertas bertuliskan nama-nama benda pada benda yang ada di sekitarnya. Dengan permainan-permainan yang sederhana ini merupakan upaya awal kita memperkenalkan anak untuk belajar membaca.
  3. Membuat perpustakaan mini Buatlah sebuah perpustakaan mini yang sederhana serta ciptakan suasana yang nyaman. Misalnya, menyediakan area khusus dengan karpet atau berbagai bantalan di dekat lemari atau rak tempat si kecil dapat menyimpan buku-bukunya. Upayakan agar rak mudah dijangkau oleh anak, dan tidak membahayakannya.
  4. Membacakan apa saja Cobalah untuk membacakan dia apa saja, tidak hanya buku cerita. Bacakan apa saja yang dapat kita baca dengan suara yang dia bisa dengar. Misalnya ketika kita membaca resep makanan yang kita buat, atau amplop surat yang kita terima, coba baca agar dia juga mendengar. Baca bagian-bagian yang mudah dimengerti saja oleh dia. Seperti, nama dan alamat pengirim surat atau nama-nama sayuran, makanan, buah. Selain itu, tunjuk tulisan apa saja yang terpampang ketika ada di jalan dan bacakan dengan keras juga.
  5. Memperlihatkan asyiknya membaca Tunjukkan betapa asyiknya kita membaca berbagai buku kepada anak. Agar si anak tahu bahwa membaca itu sangat menyenangkan. Dengan membaca kita mengetahui berbagai hal di berbagai tempat, tanpa perlu pergi ke tempat tersebut. Coba untuk perlihatkan berbagai buku yang menggambarkan beragam hal, seperti negara lain dan segala keunikannya, atau berbagai macam flora dan fauna. Ceritakan pada anak inti dari buku-buku yang kita baca, tentu saja sesuaikan dengan kemampuan pemahaman anak.
  6. Ciptakan suatu tokoh Carilah serial cerita yang sangat disukai oleh anak, tokoh yang menggambarkan untuk berbuat kebaikan atau mengamalkan kebaikan. Agar si anak pun tertarik untuk membaca bukunya.
  7. Membuat buku cerita bersama Ajarkan si kecil untuk menceritakan setiap gambar yang dia buat, kemudian tulis cerita tersebut dibawah gambarnya. Kemudian kumpulkan setiap lembar gambar tersebut menjadi semacam buku atau di jilid. Jika dia sudah terbiasa mintalah dia untuk membuat gambar yang berseri. Dan cobalah untuk membaca buku ceritanya itu bersamanya.


 

Sumber : http://www.momenku.com/pb_dt_berita.asp?nom=150

 

Sumber Foto : youkoso-bestfriend.blogspot.com

 

 


read : 803

  Bagikan informasi ini ke teman Anda :  




Tuliskan komentar Anda !




Menu utama

Member login




Daftar Anggota | Lupa Password

Profil Penulis





Pembayaran

Bank Mandiri
Rekening Nomor :
137.000.3102288
Atas Nama :
Yayasan AdiCita Karya Nusa

Atau

Bank BCA
Rekening Nomor :
445.085.9732
Atas Nama :
Mahyudin Al Mudra

Konfirmasi pembayaran,
SMS ke : 08 1313 9494 58


atau lewat line Customer Servis di ( 0274 ) 377067
atau email akn@adicita.com atau adicita2727@yahoo.com
atau
Bagian Marketing Proyek
08 1313 9494 58


Profil Penulis

 Online: 71
 Hari ini: 152
 Kemarin : 2.149
 Minggu kemarin : 16.888
 Bulan kemarin : 62.448
  Total : 2.293.207