Selasa ,21 Nopember 2017
Balai Melayu Hotel

Buku Baru

Jakasura

Jakasura adalah anak seorang demang di Kutowinangun. Tubuhnya penuh dengan koreng. Banyak tabib didatangkan untuk menyembuhkannya. Karena penyakitnya tak kunjung sembuh tak ada yang mau berteman dengannya. Bahkan saudaranya pun membencinya. Karena sedih, kemudian Jakasura meninggalkan rumahnya. Sampailah dia di hutan. Tiba-tiba, seekor harimau besar menghadangnya. Bagaimana nasib Jakasura?

Selengkapnya »

Si Belang

Si Belang adalah seekor gajah yang baik hati. Namun, ia sering diejek dan dikucilkan oleh teman-temannya dari kawanan gajah karena kulitnya belang-belang. Beruntung si Belang memiliki teman bernama si Tapir dan si Monyet. Ke mana pun pergi, mereka selalu bersama.

Suatu siang, ketika si Monyet sedang memetik daun-daun muda kesukaan si Belang dan si Tapir di atas pohon, tiba-tiba ia melihat dua orang pemburu yang sedang mengintai sekawanan gajah yang sedang menuju ke telaga untuk mereka ambil gadingnya.

Apa yang akan dilakukan si Belang dan teman-temannya? Apakah ia dan kedua sehabatnya akan menolong kawanan gajah yang telah mengucilkannya itu? Atau, membiarkan mereka menjadi korban oleh kedua pemburu tersebut? Simak kisahnya yang menarik dalam buku ini!

 

Selengkapnya »

Hang Tuah Kesatria Melayu (Cerita Bergambar)

Hang Tuah adalah kisah kepahlawanan yang hidup dalam dunia Melayu. Legenda ini menjadi kebanggaan orang Melayu yang abadi dan tetap diperbincangkan hingga kini. Meski kisah ini dilahirkan lebih dari 400 tahun yang lalu. Sarat dengan berbagai pesan tentang jiwa kepahlawanan, toleransi, saling menghormati, kejujuran, cinta kasih, serta nilai positif lainya yang berhubungan dengan budi pekerti. Dikemas dalam format cerita bergambar dengan kalimat yang komunikatif menjadikan cerita ini menarik untuk dibaca.

Selengkapnya »

Mengenal Pelalawan

Berbagai kekhasan yang ada di daerah Pelalawan sesungguhnya tidak hanya sekedar simbol budaya atau identitas komunitas semata. Lebih dari itu, kekhasan tersebut menunjukkan bahwa orang tua-tua Pelalawan telah berhasil menggali dan memanfaatkan akal budi dan dayanya menjadi kreasi yang kemudian menjadi pedoman untuk berperilaku, berinteraksi, dan bermasyarakat. Di sisi lain, kekayaan alam yang masih ada hingga kini juga menjadi penanda bahwa ada usaha harmonisasi antara masyarakat dan lingkungan yang telah dilakukan.

Selengkapnya »

Perilaku Sosial, Budaya, dan Politik Masyarakat Melayu Kepulauan Riau

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian yang dilakukan Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional (Jarahnitra) Tanjungpinang di wilayah Kepulauan Riau dan beberapa wilayah lainnya seperti Riau, Jambi dan sebagian wilayah Sumatra Utara. Buku ini mengandung nilai-nilai tradisional yang ternyata tidak bertentangan, bahkan sebagian besar berkesesuaian dengan pembangunan dan dapat dijadikan sebagai modal pembangunan yang mendukung berbagai kebijakan terarah. Melalui kajian dalam buku ini diharapkan para generasi sekarang dan mendatang dapat memetik banyak hikmah yang terkandung di dalamnya.

Selengkapnya »

Pantun Melayu Pilihan

Dalam kehidupan masyarakat Melayu sehari-hari, pantun merupakan jenis sastra lisan yang paling populer. Penggunaannya hampir merata di setiap kalangan: tua-muda, laki-laki-perempuan, kaya-miskin, pejabat-rakyat biasa, dan seterusnya. Dalam buku ini, pantun-pantun tersebut diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis yaitu: Pantun Nasehat, Pantun Berkasih Sayang, Pantun Suasana Hati, Pantun Pembangkit Semangat, Pantun Kerendahan Hati, Pantun Pujian, Pantun Teka-teki, Pantun Terhadap Perempuan, dan Pantun Jenaka. Pengklasifikasian pantun ini akan memudahkan bagi para pembaca untuk memilih pantun sesuai dengan konteks dan situasi yang dialami. 

Selengkapnya »

Merajut Mozaik Dunia Melayu

Buku ini merupakan buku bunga rampai yang memotret kekayaan ekspresi budaya Melayu yang menggunakan pendekatan multidisipliner. Pokok pembahasan dalam buku ini meliputi pembahasan mengenai sejarah, bahasa, dan budaya Melayu, serta konstruksi identitas dan etnisitas Melayu. Latar belakang minat keilmuan para penulisnya membuat buku ini berhasil menyuguhkan ragam karya yang sejalan dengan visi Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), yaitu ingin menyuar-pendarkan keragaman ekspresi budaya Melayu ke seluruh penjuru dunia.

Selengkapnya »

Politik Islam Melayu

Raja Ali Haji adalah sosok ulama Islam yang multitalenta. Selain sebagai ulama yang fasih berbicara tentang dalil-dalil agama Islam, ia juga mampu menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti politik, ketatanegaraan, hukum, dan sastra. Buku ini kiranya mampu dijadikan bahan rujukan yang komprehensif mengenai Politik Islam, khususnya kepada masyarakat dan para politisi agar dapat memetik hikmah untuk mewujudkan tegaknya masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera. Meskipun konsep politik Islam Raja Ali Haji ini merupakan hasil pemikiran ratusan tahun yang lalu, namun masih relevan di tengah situasi perpolitikan di Indonesia dewasa ini.        

Selengkapnya »

Dari Pekantua ke Pelalawan

Buku ini memaparkan kronologis sejarah kerajaan-kerajaan Melayu di Sumatra sejak zaman Pekantua hingga Pelalawan, termasuk pergolakan-pergolakan yang terjadi di dalamnya. Buku ini juga mengupas secara jelas bagaimana sejarah pembentukan Kabupaten Pelalawan menggunakan peraturan-peraturan yang diusulkan untuk disepakati. Kiranya buku ini dapat menjadi rujukan penting bagi studi sejarah khususnya dan studi Melayu secara umum.

Selengkapnya »

Perjuangan Iskandar Muda Bagi Kejayaan Aceh

Iskandar Muda adalah salah satu tokoh perjuangan dari Aceh yang patut diikuti perjalanan/riwayat hidupnya. Ia telah berhasil membawa Aceh menjadi sebuah daerah yang makmur dan kaya sehingga Negara Belanda dan Inggris pun merasa tertarik melakukan berbagai perjanjian kerjasama dengan Aceh kala itu. Dengan demikian, pada era ini sosok Iskandar Muda pantas untuk dihadirkan kembali di tanah air Indonesia. Buku ini akan mengupas apa dan bagaimana sepak terjang Iskandar Muda dalam membawa Aceh menjadi daerah yang makmur dan kaya.     

Selengkapnya »

Menu utama

Member login




Daftar Anggota | Lupa Password

Profil Penulis





Pembayaran

Bank Mandiri
Rekening Nomor :
137.000.3102288
Atas Nama :
Yayasan AdiCita Karya Nusa

Atau

Bank BCA
Rekening Nomor :
445.085.9732
Atas Nama :
Mahyudin Al Mudra

Konfirmasi pembayaran,
SMS ke : 0852 286 6060 7


atau lewat line Customer Servis di ( 0274 ) 377067
atau email akn@adicita.com atau adicita2727@yahoo.com
atau
Bagian Marketing Proyek
0852 286 6060 7


Profil Penulis

 Online: 900
 Hari ini: 7.085
 Kemarin : 8.464
 Minggu kemarin : 37.570
 Bulan kemarin : 137.902
  Total : 5.919.205